Tuesday, June 16, 2009

Tips Tiga Langkah Cegah Alergi !


Alergi sering dianggap penyakit yang tidak terlalu serius. Padahal bagi penderitanya, jika gejala alergi sudah muncul, akan sulit melakukan kegiatan, bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri.

Alergi bisa terjadi karena banyak hal, bisa karena debu, makanan atau zat-zat tertentu. Biasanya alergi ditandai dengan munculnya tanda kemerahan, hidung gatal, dan mata berair. Untuk mencegah munculnya alergi pada penderita, ada tiga langkah mudah yang harus Anda lakukan.

Pertama, ketahui penyebabnya. Jika gejala umum alergi seperti gatal-gatal, kemerahan, hidung berair atau mata terasa panas sering melanda, kemungkinan besar Anda alergi pada sesuatu hal. Bisa makanan, debu, atau hal-hal lain yang ada disekitar. Untuk itu, saat gejala umum tersebut muncul, ingat-ingat kembali apa yang Anda konsumsi dan barang-barang yang ada disekitar Anda.

"Anda harus mengetahui secara jelas apa pemicu alergi. Saya menyarankan untuk memeriksakan diri ke doketr untuk menjalani tes alergi," kata John Sundy, ahli alergi dari Duke University Medical Center di Durham, Inggris.

Langkah kedua, hindari pemicu alergi. Hal itu memang terdengar mudah, tapi sangat sulit dilakukan. Terutama jika Anda alergi terhadap debu, karena hampir di setiap tempat, pasti ada debu baik yang terlihat maupun tidak terlihat. Bersihkanlah debu-debu yang ada dirumah secara teratur, jangan lupa untuk menggunakan masker saat membersihkannya. Jika Anda alergi terhadap makanan tertentu, Anda bisa tetap mengonsumsinya asalkan tidak terlalu banyak.

Langkah terakhir adalah lebih proaktif melakukan perawatan alergi. Meskipun ada beberapa obat pengontrol alergi, jangan sampai Anda ketergantungan dengan obat tersebut. Karena obat sifatnya hanya membantu mengontrol gejala alergi Anda. Periksakan dan berkonsultasilah secara teratur pada dokter, agar alergi Anda bisa teratasi dengan baik tanpa ketergantungan pada obat-obatan.(vivanews.com)

No comments:

Post a Comment