Saturday, January 16, 2010

INILAH PERKAWINAN ANDALAS DAN RATU

Inilah gaya, seekor badak Sumatera (Rhinoceros sumatranensis) jantan usia 8 tahun yang lahir di Kebun Binatang Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat yang telah berhasil dikawinkan dengan badak Sumatera betina bernama Ratu di Suaka Rhino Sumatera Way Kambas, Lampung. Sebelumnya, Andalas yang dipindahkan ke Way Kambas pada 2007 itu sulit sekali dikawinkan.

Satwa Indonesia yang nyaris punah ini memang sulit berkembang biak apalagi dikawinkan di tempat penangkaran. Menurut dokter hewan Kurnia Oktavia, yang ditemui usai jumpa pers, Jumat, masa subur badak betina sulit dikenali kecuali dengan pemeriksaan Ultra Sonografi (USG). Badak betina yang sedang birahi juga sulit dikenali tanda-tandanya.

"Andalas sekarang sudah mulai pinter. Dulu kan kalau didekatkan dengan betinanya, di malah nabrak-nabrakin betinanya, seperti ngamuk loh,"ujar Widodo.

Menurut Widodo, Andalas telah mengawini Ratu pada 4 Desember 2009 dan sekitar 20-an desember tahun lalu. Meskipun berhasil dikawinkan, Ratu tak bisa langsung hamil. "18 kali kawin dulu baru berhasil," tutur Widodo.

Badak jantan Andalas diikutkan dalam program pembiakan internasional melalui metodologi yang dikembangkan Kebun Binatang Cincinnati. Sebelumnya kebun bintanag tersebut berhasil mengembangbiakkan tiga ekor badak dari badak betina bernama Emi yang kini telah tewas di usia 21 tahun karena sakit. Para ahli berharap program ini akan berhasil mengawinkan Andalas dengan badak betina di suaka sehingga menambah populasi badak Sumatra di dunia yang diperkirakan tinggal 200 ekor. :)


Informasi tambahan dari goceng blogCara Beriklan di Internet dan Info Harga Handphone Nokia Terbaru .... siapa tahu bermanfaat ... 



Sumber: Kompas.com

No comments:

Post a Comment