Saturday, February 11, 2012

Dua Gol Cheick Diabate Bawa Mali Juara Tiga Piala Afrika 2012


Mali sukses membekuk Ghana 2-0 dalam perebutan juara tiga Piala Afrika 2012, Minggu (12/2) dini hari WIB.

Keunggulan Mali dibuka ketika pertandingan berjalan 23 menit. Penyerang Girondins Bordeaux Cheick Diabate sukses merobek gawang Adam Larsen Kwarasey setelah menyambar bola rebound Seydou Keita.
Beberapa menit kemudian, Diabate kembali menebar teror di lini belakang Ghana dan memanfaatkan rapuhnya penjagaan tim besutan Goran Stevanovic. Namun, tendangannya di dekat gawang masih dapat dibendung oleh Larsen. Alhasil, keunggulan 1-0 untuk Mali masih bertahan ketika babak pertama berakhir.

Ghana meningkatkan tempo permainan di babak kedua gina berupaya mengejar ketertinggalan. Upaya The Black Stars sebenarnya sempat membuahkan hasil ketika Sulley Muntari menjebol gawang Oumar Sissoko di menit 53 setelah menerima bola dari tandukan Isaac Vorsah.

Sayang, gol tersebut dianulir oleh wasit Gehad Grisha dari Mesit, yang mengklaim posisi Muntari sudah offside terlebih dahulu.

Kesialan Ghana kian menjadi-jadi ketika mereka terpaksa meneruskan sisa laga dengan sepuluh pemain setelah Vorsah menerima kartu kuning kedua di menit 63 akibat tindakannya menendang perut Bakaye Traore.
Ghana kembali mendapat peluang menyamakan kedudukan di menit 72 berkat aksi Andre Ayew yang membangun serangan dengan apik. Tapi sayangnya, tendangan melengkung sang adik, Jordan, masih melebar dari sisi gawang.

Pasukan Les Aigles akhirnya memastikan gelar juara tiga dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-0 setelah Diabate mencetak gol kedua di menit 79. Penyerang 23 tahun menerima umpan matang dari Adama Tamboura sebelum akhirnya menceploskan bola dari jarak dekat.

Sumber : Goal.com

No comments:

Post a Comment