Sunday, October 16, 2011

Anak Zidane Zidan Masuk Timnas Spanyol

MADRID - Zinedine Zidane memang tercatat sebagai warga negara Prancis. Tapi warga Prancis mungkin tidak bisa berharap banyak pada penerus Zidane, untuk memperkuat negara mereka. Enzo, salah seorang anak Zidane yang menekuni sepakbola baru saja dipanggil masuk Timnas Spanyol U-16. Lho?
Ginez Melendez, koordinator timnas U-16 sekaligus pelatih U-17 Spanyol kepada televisi Prancis TF1 mengungkapkan, “Kami akan memilihnya buat Spanyol. Kami berniat bicara dengan ayahnya dan memanggil dia pada Oktober nanti.”

Enzo bisa dipanggil Spanyol karena meski Zidane senior adalah warga negara Prancis, tapi ibunya, Veronique, adalah perempuan berkebangsaan Spanyol. Selain itu, keluarga Zidane juga menetap di Madrid. Rencana Melendez untuk memanggil Enzo yang kini berusia 15 tahun didukung oleh pelatih timnas senior Spanyol, Vicente del Bosque. “Jika dia layak, mengapa tidak?” ujar Del Bosque.

Enzo lahir di Prancis, tapi sejak usia enam tahun ia telah masuk ke akademi Real Madrid, klub terakhir yang dibela sang ayah. Di Los Blancos junior, Enzo telah menjadi pemain bintang. Namun asa untuk suatu saat nanti melihat Enzo Zidane bermain buat Prancis juga belum luntur andai pun ia dipanggil timnas U-16 Spanyol. Aturan FIFA membolehkan pemain yang membela tim junior suatu negara untuk berpindah ke timnas lain asal belum pernah membela timnas level senior.(int)

No comments:

Post a Comment