Friday, October 1, 2010

Goo.gl LAYANAN PENYINGKAT URL DARI GOOGLE

Goo.gl sebenarnya telah ada cukup lama, namun kehadirannya selama ini memang hanya diperuntukkan bagi layanan Google tertentu seperti toolbar browser Google, layanan FeedBurner RSS, News, Blogger dan Maps.

Nah, kini Google membuka layanan penyingkat URL itu ke publik sehingga lebih banyak orang yang bisa menggunakannya. Untuk menunjukkan niatnya, Google pun membuat situs khusus untuk Goo.gl yang beralamat di http://goo.gl/.

Apa keistimewaannya?  

"Goo.gl adalah penyingkat URL yang paling stabil, aman dan cepat di web," demikian Google mempromosikan layanannya itu. Google mengklaim kecepatannya dalam menyingkat URL meningkat dua kali lipat dalam sembilan bulan terakhir.

Sementara untuk urusan keamanan, Google mengatakan penyingkat URLnya memiliki cara kerja yang sama dengan filter yang kerap ditemukan pada Google Search dan Gmail. Dengan demikian, pengguna akan diperingatkan saat merujuk pada tautan berisi malware atau spam.

Mengunjungi situs Goo.gl, pengguna tak hanya bisa menyingkat URL, tetapi juga memonitor trafik yang masuk ke URL yang telah mereka singkat. Asyiknya, di sini Google menyediakan daftar top referrers untuk setiap tautan, lengkap dengan kilas profil pengunjung tautan tersebut.

"Ini akan menjadi cara yang baik untuk memahami lebih baik, siapa saja yang tertarik pada tautan Anda, bagaimana mereka menemukannya dan kapan mereka mengaksesnya," tutup Google.

Hmm, makin keren aja nih om google. Bicara soal penyingkat url ada juga lho penyingkat url yang bisa menghasilkan dollar.. kalau pengen tahu, silahkan baca di Cara mendapatkan uang dari blog, point 5

No comments:

Post a Comment