Saturday, October 8, 2011

TIPS WAWANCARA KERJA

Wawancara Kerja - Tips Wawancara Kerja. Postingan Tips Wawancara Kerja Ini merupakan kelanjutan dari postingan Contoh Lamaran Kerja yang mungkin perlu sobat ketahui pula. Bila keberuntungan sedang berpihak, tidak lama setelah mengirimkan Surat Lamaran Kerja , CV Lamaran Kerja beserta berkas pendukung maka datanglah panggilan untuk mengikuti Tes wawancara. Berikut ini akan goceng blog share Tips Wawancara Kerja...

TIPS WAWANCARA KERJA

Wawancara kerja merupakan salah satu hal yang terpenting dalam proses melamar pekerjaan, karena dengan wawancara banyak aspek penilaian yang dapat diambil. Nah.. tidak ada salahnya khan apabila sobat membaca beberapa Tips Wawancara kerja berikut :

1. Penampilan (berpakaian)
Well, Dalam berpenampilan hendaknya sobat dapat memilih pakaian yang Pantas dan rapi. Buatlah penampilan sobat terlihat Profesional, dewasa, bisa diandalkan dan jangan berlebihan.

untuk pria : Gunakan kemeja warna krem, abu-abu atau biru (yang tidak mencolok). dan jangan gunakan warna hitam, untuk menghindari kesan berkabung. Lebih tepatnya gunakan bahan yang tidak terlalu mencolok warnanya. Jangan lupa dasinya juga harus maching dengan pakaian.

untuk wanita : Baju atau blouse yang simpel, gunakan bahan alami semacam wol, katun atau sutra. Warnya juga sama dengan pria krem, abu-abu atau biru (kalau wanita, hitam juga boleh). Dan yang terpenting make-up jangan berlebihan.

2. Tepat waktu
Datanglah tepat pada waktunya, ya kurang lebih 15 menit sebelum waktu yang dijanjikan sobat sudah ada di TKP.

3. Bahasa Tubuh.
Tips wawancara kerja ini akan mengesankan anda profesional dan tahu apa yang harus dilakukan.

Saat memasuki ruang wawancara kerja. Anda harus mampu mengatur bahasa tubuh , jangan seperti sedang berjalan-jalan di mall. Berjalanlah secara tegap dengan kedua tangan mengibas bebas. Jangan lihat-lihat kesana kemari dan berkata wah ruanganya bagus, langsung berjalan lurus ke pewawancara kerja.

Sodorkan tangan kepada si pewancara sambil tersenyum. Sambil menatap matanya, genggam keseluruhan tangan kemudian ayunkan satu sampai dua kali dan secara bersamaan ucapkan nama anda.

Dan perlu diperhatikan…. Saat menghadapi wawancara kerja peting untuk jangan duduk sebelum dipersilahkan, jangan memasukkan tangan ke saku, jangan menggumam, jangan menyilangkan tangan di dada. Apalagi mengacungkan jari tengah, lebih nggak boleh lagi hehehe...

Berusahalah senormal mungkin selayaknya berbicara, Gunakan ekspresi seperti senyum, mengerutkan dahi, sedikit mengangguk atau hal semacam itu. Dengan begitu akan memudahkan si pewawancara mengerti apa yang anda bicarakan.

4. Kontak Mata.
Tips wawancara kerja yang terakhir... adalah jangan pernah alihkan pandangan saat pewancara mengajukan pertanyaan wawancara kerja. Fokus dan tetap fokus kepada si pe-wawancara. Jangan lupa mata adalah cermin dari hati anda. Buat tatapan mata anda terlihat percaya diri dan berfikir positif.

Cukup ini aja sob, Tips Wawancara Kerja nya, mudah mudahan dapat bermanfaat. Jika diantara sobat ada yang mau menambahkan seputar Tips Wawancara Kerja silahkan tuliskan di kolom komentar ya... :)

No comments:

Post a Comment