Saturday, March 3, 2012

Mario Balotelli Bantu Amankan Posisi Manchester City


Manchester City mengalahkan Bolton Wanderers 2-0 meski banyak meraih peluang melalui Mario Balotelli.

Gol bunuh diri pemain lawan dan ditambah kontribusi Mario Balotelli sudah cukup bagi Manchester City untuk menaklukkan Bolton Wanderers sekaligus mengamankan posisi puncak klasemen Liga Primer Inggris.

City memberikan kesempatan kepada Mario Balotelli tampil sebagai penyerang tunggal dibantu oleh dua otak serangan, Samir Nasir dan David Pizarro. Sementara, David Silva, Sergio Aguero, dan Edin Dzeko dibangkucadangkan. Tak tampak nama Carlos Tevez dalam daftar skuad cadangan City yang diputuskan manajer Roberto Mancini.

Baru dua menit berjalan, City sudah meraih peluang. Yaya Toure memberikan umpan terobosan yang dikejar Balotelli. Tendangan striker bengal itu melewati jangkauan Adam Bogdan, tetapi bola menghantam tiang jauh. Nasri gagal memanfaatkan bola muntah.

City terus mendominasi pertandingan. Hingga menit kesepuluh, mereka meraih lagi dua peluang emas mencetak gol. Salah satunya ketika Adam Johnson melakukan umpan kombinasi dengan Yaya Toure. Umpan silang ditujukan kepada Balotelli, yang hanya mampu membuat bola melebar dari sasaran.



Pada menit ke-18, City kehilangan Pablo Zabaleta yang cedera sehingga Kolo Toure pun dimasukkan untuk diposisikan sebagai bek kanan. Empat menit berselang, City membuka keunggulan.

Gol City sedikit berbau keberuntungan. Umpan silang Gael Clichy sudah siap disambut Bogdan, tetapi bola berbelok karena menyentuh kepala Gretar Steinsson. Sang kiper pun mati langkah tak mampu mencegah bola bersarang di dalam gawangnya.

Satu-satunya peluang Bolton pada babak pertama diperoleh Ryo Myaichi dengan memanfaatkan Kolo Toure yang kehilangan keseimbangan. Sayangnya, tendangan melengkung sayap Jepang itu dapat ditepis Joe Hart sambil menjatuhkan diri.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan City 1-0 setelah sebuah peluang Balotelli dapat dipatahkan Bogdan.

Bolton tampil lebih baik dan mampu mengimbangi City selepas jeda. Namun, kendali permainan tetap berada di kaki tuan rumah dengan Balotelli sebagai pemain yang mendapat banyak peluang.

Sebuah umpan Gareth Barry dapat dicapai Balotelli, tetapi lagi-lagi Bogdan dapat mencegahnya menjadi gol dengan naik menutup celah.

Peluang kembali muncul pada menit ke-65. Saat berupaya menutup ruang pemain pengganti Edin Dzeko, Darren Pratley justru menendang bola ke gawang sendiri. Beruntung bola masih menghantam mistar.

Empat menit kemudian, gawang Bogdan tidak lagi dapat diselamatkan. Johnson lepas dari jepitan dua bek Bolton dan memberikan umpan tumit di depan hadangan David Wheater serta Bogdan. Balotelli tak lagi membuang kesempatan itu dan melesakkan bola ke dalam gawang yang sudah ditinggalkan Bogdan.

Hanya peluang itu yang berbuah gol bagi tuan rumah hingga usai pertandingan. Pertahanan Bolton mampu mencegah para penyerang City mencetak gol tambahan meski tekanan terus dilancarkan. Skor 2-0 bertahan sampai selesai.

No comments:

Post a Comment