Monday, October 22, 2012

Pemberontak Suriah dapat Gaji yang didanai Pihak Asing

Pemberontak Suriah Digaji Dana Asing
Tentara Pembebasan Suriah (FSA) berpose di atas tank yang berhasil mereka rebut dari militer Suriah di sebuah desa di Provinsi Idlib, Suriah.

BERITA TERKINI, ALEPPO -- Setelah berbulan-bulan berperang tanpa dibayar, pemberontak Suriah di Aleppo menerima gaji pertamanya. Mereka dibayar dengan uang yang sebagian berasal dari negara asing.
"Dewan Tentara Revolusioner menyalurkan gaji bulanan untuk pejuang. Itu terutama mereka yang berada di garis depan," kata Kolonel Abdul Salam Humaidi, seorang perwira Suriah pembelot, kepada AFP.
Pemberontak membubuhkan sidik jari dengan tinta di samping nama mereka untuk menunjukkan mereka sudah dibayar.

Saat mereka berkumpul, tembakan senapan terdengar dari tempat lain di kota tua itu. Aleppo menjadi medan laga pasukan Presiden Bashar Assad dengan pemberontak yang ingin menggulingkan pemerintah Bashar.

Semua petempur sekarang dibayar 150 dolar Amerika Serikat sebulan. Tapi, besarannya bisa berubah pada masa depan. ''Gaji berbeda bagi mereka yang sudah menikah dan mereka yang berada di garis depan,'' kata Humaidi.

Humaidi membelot dari tentara Suriah setelah 30 tahun bertugas. Dia beralasan pemerintah Bashar Assad korup dan sektarian. Ia kini pejabat keuangan untuk pemberontak Dewan Tentara Revolusioner.
Ia menolak mengatakan asal uang gaji tersebut. Tapi, komandan pemberontak di Aleppo kepada AFP menyatakan uang gajian mereka berasal dari bantuan asing dan pendukung lain.

Sumber : Republika.online

No comments:

Post a Comment