Wednesday, May 19, 2010

Lomba Gambar Sketsa Nabi, Kemenkominfo Surati Grup Facebook

Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring menyatakan, pihaknya segera menyurati grup Facebook yang menyelenggarakan lomba menggambar kantun Nabi Muhammad.

"Kita akan segera menyurati pengelola Facebook itu karena ini ada di luar negeri," kata Tifatul dalam jumpa persnya di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya tidak dapat menutup jejaring sosial grup tersebut karena mengakibatkan tertutupnya seluruh kanal untuk situs Facebook.

Sebelumnya pihaknya pernah menempuh kebijakan atau prosedur penutupan situs berakibat seluruhnya tertutup. "Yang terpenting saat ini adalah kesadaran kita untuk menghadapi persoalan itu, kalau tanpa kesadaran meskipun nanti ini ditutup besok bisa muncul yang serupa lagi," kata Tifatul.

Ia sendiri berpendapat bahwa keberadaan akun facebook tentang lomba kartun Nabi Muhammad merupakan sebuah upaya provokasi terhadap kerukunan beragama khususnya di Indonesia. "Saya imbau semua pihak tidak terpancing dengan ini, kita cooling down saja kalau ada hal-hal begini," katanya.

Pihaknya menyatakan akan kembali memperhatikan usulan kelompok masyarakat tertentu yang meminta pembatasan terhadap konten negatif di internet yang memuat unsur penghinaan terhadap Sara`, pornografi, judi, kekerasan, dan penipuan.

Ia menambahkan, hal-hal seperti itulah yang ingin diminimalisasi melalui RPM Konten. Tifatul juga meminta masyarakat menggunakan facebook untuk hal-hal yang positif.

No comments:

Post a Comment